-->

Persiapan belajar Web Programming



pemrograna web
Persiapan Sebelum Belajar web programming


Sebelum kita mempelajari HTML dan CSS,ada beberapa aplikasi yang harus dipersiapkan terlebih dahulu,Berikut adalah aplikasi-aplikasi yang harus di Install :

1. Web Browser

Web Browser merupakan perangkat utama untuk menampilkan halaman Web yang kita buat yang pada dasarnya terbuat dari tag-tag HTMl dan CSS.
Dibawah ini adalah beberapa Web Browser beserta penjelasan singkatnya.


Mozila Firefox 

Mozila Firefox bisa dikatakan Web Browser yang paling disukai oleh para Web Developer karena kekayaannya dalam hal Add-on/Plugin.Anda bisa mendownloadnya disini. 

Google Chrome

Web Browser ini adalah besutan Google sendiri yang mempunyai beberapa keunggulan,cepat,ringan dan kaya akan plugin.google chrome juga di bekali engine webkit yang mendukung fitur- fitur baru dari HTML dan CSS.jika di komputer Sobat sekalian belum terinstal Google chrome,Sobat bisa mendownlod disini .

 Safari

Web Browser dari Apple ini juga dibekali Engine Webkit seperti halnya google chrome,untuk mendownlod klik disini.

Inernet Explorer

Internet Explorer sudah pasti terinstal dikomputer yg menggunakan sistem operasi Windows,admin anjurkan untuk menggunakan Versi 8 keatas untuk mendukung fitur-fitur terbaru.

2. Text Editor


Ada 2 Macam tipe Text Editor :


  • WYSYWIG ( What you see is what you get ) adalah editor HTML yang menyediakan interface seperti Mirosoft Word,tapi output yang dihasilkan berupa file HTML.Contohnya Macromedia Dreamweaver,Microsoft FrontPage dll.Admin Sarankan untuk tidak menggunakan editor ini dulu sebagai permulaan belajar web programming,karena editor ini cukup drag and drop saja tanpa mengerti Scriptnya maka sama saja sobat tidak menguasai web programming secara nyata.Ini akan mempersulit sobat kedepannya dalam belajar bahasa web programming lainnya seperti PHP dan Java.
  • Text Murni,sobat harus menulis dulu kodingnya untuk menghasilkan file HTML maupun PHP,dan bisa dipastikan sobat tidak akan kebingungan jika menggunakan editor yg bersifat WYSYWIG kedepannya.contoh editor text murni dan teks lighting seperti notepad ++,sublime text dan Brackets.

3. xampp 

Xampp merupakan software gratis yang mendukung banyak sistem operasi. Xampp disini berfungsi sebagai server yg berdiri sendiri (Localhost),yang didalamnya sudah ada berapa paket program antara lain : Apache HTTP Server dan Mysql database,dan sebagai penerjemah bahasa pemrograman yang di tulis baik PHP ataupun Perl.
Sobat bisa mendownloadnya  lewat situs resminya disini

Demikian artikel kali ini,semoga membantu untuk memulai belajar pemrograman web,mohon maaf untuk link Editor tidak saya cantumkan,sobat bisa googling sendiri.☺☺☺
Untuk Penginstalan Xampp  dan cara peletakan file HTML,CSS dan PHP akan di bahas pada artikel selanjutnya.Assalamualaikum Warohmatullah...

0 Response to "Persiapan belajar Web Programming "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel